-->

Belajar Kimia Kelas 10 Paling Menyenangkan Hanya Di Solusi Kimia 10

TAugust 10, 2018

Apa Itu Ilmu Kimia?

Hai teman-teman, selamat datang di blog ini. sudah siap belajar kimia hari ini? Tentunya sudah dong. Kali ini kita akan mempelajari apa itu ilmu kimia atau hakikat ilmu kimia. Ini merupakan pelajaran paling dasar yang harus kalian kuasasi sebelum mempelajari materi kimia lainnya.

Berikut beberapa konsep yang akan kita pelajari lewat postngan inin:
1. Pengertian Ilmu Kimia
2. Kenapa Harus Belajar Kimia

Pengertian Ilmu Kimia
Apa sih yang terbayang oleh kalian ketika mendengar kata Kimia? Apakah molekul, atom, laboratorium, gelas kimia atau bahkan magic/sulap? Mmm, apakah pendapat kalian ini benar?
Ilustrasi Ilmu Kimia
Kimia merupakan ilmu yang sangat luas. Oleh karena itu, kalian akan menemukan banyak pengertian mengenai ilmu kimia. Nah, untuk sekarang ini, mari kita gunakan pengertian sederhana dari ilmu kimia berikut.

Ilmu kimia adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang materi dan energi serta bagaimana interaksi diantara keduanya.

Ilmu kimia cenderung fokus untuk membahas struktur dan sifat-sifat dari suatu materi dan bagaimana interaksi antara materi-materi tersebut, baik interaksi yang sejenis ataupun berbeda jenis. Artinya, dalam ilmu kimia kamu bisa mempelajari reaksi-reaksi yang terjadi pada suatu materi.

Ilmu kimia juga mempelajari tentang perubahan apa saja yang dialami oleh suatu materi.

Jika kamu bingung apa yang disebut dengan materi, kamu bisa menunju postingan berikut ini.

Kenapa Kita Harus Belajar Kimia?
Kimia merupakan ilmu dasar untuk mempelajari ilmu-ilmu lainnya. Hal ini disebabkan karena ilmu kimia mempelajari materi secara mikroskopik.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa lepas dari ilmu kimia. Hampir segala sesuatu yang kita lakukan maupun gunakan dalam kehidupan selalu berkaitan dengan kimia.

Kimia dapat menjelaskan:
1. Kenapa telur berubah menjadi padat ketika digoreng.
2. Kenapa panci penggorengan yang kita gunakan bisa bersifat anti-lengket.
3. Kenapa sampo dan sambun dapat membersihkan tubuh kita.
4. Kenapa kopi dapat membuat kita terjaga lebih lama.
5. Bagaimana bensin dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk menjelankan kendaraan.
6. Kenapa parfum baunya wangi.
7. Dan lain sebagainya.

Mari kita contohkan satu hal bagimana peristiwa diatas dapat dijelaskan oleh ilmu kimia. Misalnya, kenapa telur berubah menjadi padat ketika digoreng?

Dengan mempelajari ilmu kimia, kamu akan tahu bahwa telur mengandung protein dalam jumlah tinggi. Salah satu sifat protein adalah dapat terdenaturasi {padat} ketika dipanaskan. Oleh karena itulah, ketika digoreng diatas penggorengan yang panas, telur berubah menjadi padat dan bisa dimakan.

Seperti yang disebutkan diatas, ilmu-ilmu pengetahuan alam yang lain membutuhkan kimia untuk menjelaskan konsep-konsep yang terdapat di dalamnya. Oleh karena itu, dapat juga dikatakan bahwa kimia adalah “pusat’ dari ilmu pengetahuan alam.

Dari kimia, lahirlah ilmu-ilmu turunan seperti genetika, biokimia, kedokteran dan obat-obatan, forensik, nanoteknologi dan kimia lingkungan.

Itulah sebabnya penting bagi kamu untuk belajar konsep-konsep kimia dengan baik, terutama yang berminat untuk menekuni pekerjaan di bidang ilmu pengetahuan alam. Minimal, kamu bisa menjelaskan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar kamu yang berkaitan dengan kimia.

Nah, dari penjelasan diatas, tentu kamu sudah tahu apa itu kimia bukan? Kimia itu menarik kan.

Jadi jangan malas lagi untuk belajar kimia. Jika kamu malas, terutama di kelas 10 ini, maka kamu akan menemukan kesulitan yang sangat besar untuk mempelajari kimia di kelas 11 dan 12.

Akhirnya, kamu pasti akan membenci kimia, karena pelajarannya sulit. Jangan sampai hal ini terjadi ya.

Silahkan lanjut ke materi berikutnya: Cabang – Cabang Ilmu Kimia 
0 Komentar untuk "Apa Itu Ilmu Kimia?"

Back To Top