-->

Belajar Kimia Kelas 10 Paling Menyenangkan Hanya Di Solusi Kimia 10

TMay 10, 2019

Menentukan Rumus Empiris Hidrokarbon Berdasarkan Massa Zat-Zat Yang Dihasilkan Dari Pembakaran Senyawa Hidrokarbon Tersebut.

Hai teman-teman, apa kabar kamu hari ini? Yang sedang berpuasa, semoga dimudahkan dan dikuatkan oleh Allah SWT ya sampai tiba waktu berbuka. Tapi, puasa tentunya tidak membuat kita jadi malas belajar bukan.

Soalnya, sebentar lagi kamu akan melaksanakan UAS semester genap.

Kali ini, mari kita belajar tentang baggaimana menentukan rumus empiris suatu senyawa hidrokarbon, berdasarkan data massa zat-zat yang ihasilkan dari pembakaran senyawa hidrokarbon tersebut.

Berikut soalnya:
Kumena adalah senyawa hidrokarbon yang digunakan untuk memproduksi aseton dan tenol. Bila 47,6 mg kumena dibakar dengan udara {O2} menghasilkan 156,8 mg CO2 dan 42,8 mg H2O. tentukanlah rumus empiris kume tersebut? {diketahui Ar C = 12, O = 16 dan H = 1}

Pembahasan:
Walaupun soalnya terlihat sulit, namun langkah-langkah pengerjaannya cukup sederhana.

Soal tipe seperti ini sering lo dikeluarkan dalam ujian akhir semester khusus bab Stoikimetri Kimia. Jadi, agar kamu bisa menjawab soal-soal seperti ini nantinya {biasanya kalau ujian angkanya akan jauh lebih dari soal diatas}, silahkan baca penjelasan di bawah ini ya.

Pertama, misalkan dulu senyawa kumenanya sebagai CxHy. Kenapa CxHy? Karena disoal disebutkan bahwa kumena merupakan senyawa hidrokarbon. Senyawa hidrokarbon adalah senyawa yang hanya mengandung unsur C dan H.

Disoal juga dikatakan bahwa kumena dibakar {direaksikan dengan oksigen} menghasilkan CO2 dan H2O. Artinya, pembakaran yang terjadi pada kumena merupakan pembakaran sempurna.

Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut:
CxHy + O2 ==> CO2 + H2O

Coba perhatikan reaksi diatas. Senyawa kumena kan mengandung atom C dan H. Ketika rx pembakaran terjadi, semua karbon yang ada pada kumena berubah menjadi CO2 dan semua H yang ada pada senyawa kumena berubah menjadi H2O.

Artinya:
Massa C pada CO2 = massa C pada CxHy
Massa H paa H2O = massa H paa CxHy

Dengan mencari massa C dan H yang dalam senyawa CO2 dan H2O, maka kita bisa menentukan rumus empirisnya.

Untuk mencari massa C dalam senyawa CO2 digunakan rumus:
Massa C = {1 x Ar C/Mr CO2} x massa CO2
Massa C = {1 x 12/44} x 156,8 mg
Massa C = 42,8 gram {saya bulatkan}

Berarti:
Massa C dalam CxHy = massa C dalam CO2 = 42,8 mg

Untuk mencari massa H dalam senyawa CxHy adalah:
Massa H = massa CxHy – massa C = 47,6 – 42,8 = 4,8 mg

Setelah kita dapatkan massa unsur penyusun kumena tersebut, kita tinggal cari rumus empirisnya menggunakan perbandingan mol.

Rumus empiris kumena = C{gr/Ar} H{gr/Ar} = C{42,8/44} H{4,8/1}
Rumus empiris kumena = C{1} H{5}

Catatan:
Massanya tidak kita ubah ke gram karena kita hanya perlu melihat perbandingannya saja. Kemudian, hasil diatas tersebut sudah saya bulatkan sedemikian rupa. Mungkin jika angka-angka pengerjaanya lebih bagu, kita akan mendapatkan perbandingan bulat antara mol C dan H-nya.

Jika ada kelasalan, silahkan dikorekasi ya.

Berdasarkan perbandingan C dan H yang kita dapatkan diatas {yaitu 1 : 5}, maka rumus empiris kumena aalah CH5.
0 Komentar untuk "Menentukan Rumus Empiris Hidrokarbon Berdasarkan Massa Zat-Zat Yang Dihasilkan Dari Pembakaran Senyawa Hidrokarbon Tersebut."

Back To Top