-->

Belajar Kimia Kelas 10 Paling Menyenangkan Hanya Di Solusi Kimia 10

TSeptember 11, 2018

Nomor Atom Dan Nomor Massa

Hai, selamat datang di blog kimia ini. Seperti biasa, kita akan mempelajari konsep-konsep kimia secara ringkas dan lengkap. Nah, pada postingan ini, kita akan mempelajari tentang nomor atom dan nomor massa dari suatu atom.

Seperti yang sudah kamu ketahui melalui pelajaran sebelumnya, atom tersusun atas tiga partikel dasar. Apa saja itu? Ya benar, atom tersusun atas proton, elektron dan neutron.

Ketiganya memiliki muatan yang berbeda yaitu proton bermuatan positif, elektron bermuatan negatif dan neutron tidak bermuatan/netral.

Tetapi, atom dalam keadaan normal adalah tidak bermuatan. Dari sifat atom yang netral ini dapat kita ketahui bahwa jumlah partikel positif {proton} dan partikel negatif {elektron} di dalam atom adalah sama.

Kemudian, karena neutron tidak bermuatan, jumlahnya di dalam atom tidak bergantung pada jumlah proton ataupun elektron.

Nah, berdasarkan jumlah proton, elektron dan neutron inilah kita mengenal istilah nomor atom dan nomor massa. Masing-masing atom memiliki nomor atom dan nomro massa yang berbeda-beda sehingga bisa menjadi pembeda antara satu atom dengan atom lainnya.
www.solusi-kimia-kelas-x.blogspot.com
Nomor Atom
Nomor atom adalah angka yang menunjukkan jumlah proton yang terdapat di dalam inti atom suatu unsur. Atom-atom yang ada digolongkan menjadi unsur tertentu berdasarkan nomor atomnya.

Contoh:
Suatu atom dengan nomor atom 6 atau jumlah protonnya 6 digolongkan sebagai atom dari unsur oksigen. Semua atom dari unsur oksigen selalu memiliki proton sebanyak 6 buah atau nomor atomnya selalu 6.

Jika jumlah proton dari suatu atom berbeda dengan atom lainnya, maka kedua atom tersebut bukan berasal dari unsur yang sama.

Nomor atom biasanya dilambangkan dengan huruf Z dan ditulis di bagian bahwa lambang unsur.

Tabel periodik unsur yang kamu punya, merupakan tebal periodik modern yang disusun berdasarkan kenaikan nomor atom {dari kiri ke kanan}. Setiap unsur dalam tabel periodik dilengkapi dengan data nomor atomnya, seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.

Nah, dari data nomor atom suatu unsur, kita juga bisa menentukan jumlah elektron yang dimiliki oleh unsur tersebut. Hal ini disebabkan karena atom bermuatan netral sehingga jumlah partikel posiif akan sama dengan partikel negatif.

Atau
Pada atom netral ==> jumlah proton {p} = jumlah elektron {e} = Nomor Atom {Z}

Contoh 1:
Unsur besi memiliki nomor atom 26. Tentukanlah jumlah proton dan neutron yang dimiliki oleh unsur besi?

Pembahasan:
Nomor atom besi = jumlah proton = 26
Jumlah proton = jumlah elektron = 26

Contoh 2:
Suatu unsur memiliki jumlah elektron 17. Tentukanlah jumlah proton, nomor atom dan lambang unsur tersebut?

Pembahasan:
Jumlah elektron = jumlah proton = nomor atom = 17

Jika kamu lihat tabel periodik, unsur dengan nomor atom 17 adalah klor {Cl}.

Nah, jumlah proton bisa tidak sama dengan elektron jika unsur berada dalam bentuk ion. Ion terbentuk ketika atom melepaskan atau menerima sejumlah elektron sehingga ia akan bermuatan postif atau negatif. Nah, untuk menentukan jumlah proton dan neutron dari suatu ion, silahkah menuju link berikut ini.

Nah, sampai disini tentu kamu sudah paham apa itu nomor atom dari suatu unsur. Nah, jika sudah mari kita lanjut ke pembahasan berikutnya yaitu nomor massa.

Nomor Massa
Nomor massa suatu unsur adalah jumlah dari proton dan neutron yang terkandung di dalam atom unsur tersebut. Proton dan neutron terdapat di dalam inti atom dan berukuran sangat kecil jika dibandingkan dengan ukuran dari atom.

Namun, walaupun begitu, massa dari atom ditentukan oleh proton dan neutron ini. hal ini disebabkan karena elektron memiliki massa yang sangat kecil sehingga bisa diabaikan.

Nomor massa dari suatu atom dilambangkan dengan A dan ditulis di bagian atas lambang unsur.

Secara matematika, nomor massa suatu unsur ditulis sebagai:
Nomor massa {Z} = Jumlah Proton + Jumlah Neutron = p + n

Dari rumus mencari nomor massa, kita bisa mengetahui jumlah proton yang terdapat pada suatu unsur menggunakan rumus berikut:
Z = p + n ==> n = Z – p

Contoh Soal 1:
Suatu atom memiliki nomor atom 17 dan jumlah neutronnya sebanyak 18. Tentukanlah jumlah nomor massa dari atom tersebut?

Pembahasan:
Nomor atom = jumlah proton {p} = 17
Neutron {n} = 18

Nomor massa {Z} = p + n = 17 + 18 = 35

Contoh Soal 2
Atom X memiliki elektron sebanyak 26 buah. Jika nomor massa atom tersebut adalah 56, maka jumlah neutron yang terdapat dalam atom X adalah?

Pembahasan:
Jumlah e = jumlah proton = 26
Nomor massa {Z} = 56

Maka, jumlah neutronnya adalah:
= Z – p
= 56 – 26
= 30

Nah, sampai disini pembahasan kita tentang nomor atom dan nomor massa. Tentunya kamu sudah memahami lebih banyak tentang nomor atom dan nomor massa dari suatu unsur bukan.

Jika sudah dan kamu ingin menguji pemahaman kamu tentang materi ini, silahkah jawab soal-soal pada link berikut ini. jika ingin lanjut ke materi berikutnya, silahkan kunjungi link berikut ini.
0 Komentar untuk "Nomor Atom Dan Nomor Massa"

Back To Top