-->

Belajar Kimia Kelas 10 Paling Menyenangkan Hanya Di Solusi Kimia 10

TAugust 11, 2018

Peranan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sadar atau tidak, setiap aktivitas yang kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari berhubungan dengan ilmu kimia. Tubuh kita tersusun atas miliyaran molekul-molekul kimia. Berbagai benda yang kita gunakan untuk beraktivitas merupakan produk kimia.

Banyak fenomena yang kamu temukan dalam kehidupan melibatkan proses kimia dan dapat dijelaskan dengan ilmu kimia. Jadi, mempelajari ilmu kimia adalah sangat penting. Selain meningkatkan rasa syukur kita kepada allah SWT sebagai pencipta yang sempurna, kita juga akan semakin mengerti tentang dunia tempat kita hidup.

Lalu apasaja peranan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari? berikut penjelasannya.

Kimia Dapat Menjelaskan Kenapa Es Mengapung Diatas Air
Kamu mungkin heran ketika melihat peristiwa es mengapung di permukaan air. Padahal, es terbuat dari air yang membeku. Kenapa peristiwa tersebut dapat terjadi? Ilmu kimia dapat menjelaskannya.

Es Mengapung di permukaan air.
Ketika air membeku, molekul H2O yang semula tidak beraturan akan tersusun secara teratur. Karena susunan molekul H2O yang teratur ini, akan terdapat rongga-rongga di dalam es. Akibatnya, massa jenis es lebih kecil dibandingkan air.

Oleh karena itulah, ketika es dimasukkan ke dalam air, ia akan mengapung.

Kimia Dapat Menjelaskan Bagimana Cara Kerja Sunscreen Sehingga Kulit Kamu Tidak Gelap Walaupun Terkena Cahaya Matahari Dalam Waktu Yang Lama.
Sunscreen terbuat dari senyawa kimia organik maupun anorganik. Senyawa ini dapat memantulkan sebagian besar cahaya matahari sehingga tidak mengenai lapisan kulit kamu. Oleh karena itulah, walaupun berjemur dibawah sinar matahari dalam waktu cukup lama, kulit kamu tidak berubah menjadi gelap.

Zat pemantul yang biasanya digunakan di dalam sunscreen adalah seng oksida atau tintanium oksida.

Kimia Dapat Menjelaskan Kanapa Panci Presto Dapat Memasak Makanan Lebih Cepat
Panci presto adalah panci dengan tutup tambahan yang dapat mencegah uap keluar dari panci ketika memasak. Akibatnya, uap tersebut akan tetap berada di dalam panci sehingga menaikkan tekanan udara di dalamnya

Tekanan tinggi mengakibatkan suhu di dalam panci akan meningkat jauh lebih tinggi dibandingkan jika kita menggunakan panci biasa. Akibatnya, proses memasak akan lebih cepat dan makanan yang dihasilkan jauh lebih lembut.

Panci presto banyak digunakan untuk membuat makanan bandeng presto yang tulang ikannya lembut sehingga bisa dimakan.

Ada Kimia Ketika Kamu Jatuh Cinta
Ketika kamu jatuh cinta dengan seseorang, akan terjadi perubahan pada otak kita. otak juga akan melepaskan beberapa hormon yang berkaitan dengan perasaan cinta seperti hormon oxitosin, vasopresin dan endorpin.

Kimia Dapat Menjelaskan Kenapa Kopi Dapat Membuat Kamu Terjaga
Kopi dapat membuat kita tidak mudah mengantuk karena mengandung senyawa kimia yang disebut dengan adenosin. Ketika senyawa ini masuk ke dalam otak, ia akan berikatan dengan beberapa reseptor sehingga dapat memperlambat aktivitas sel-sel syaraf yang merangsang rasa kantuk.

Oleh karena itulah kamu dapat tetap terjaga lebih lama ketika mengkonsumsi kopi.

Kimia Dapat Menjelaskan Mengapa sayuran Memiliki Warna
Wortel memiliki warna oranye, tomat merah, dan sayur bayam hijau. Kenapa sayur-sayuran ini memiliki warga yang berbeda? Jawabannya adalah karena sayuran mengandung senyawa kimia yang disebut dengan karotenoid.

Senyawa ini mempunyai bagian di dalam molekulnya yang disebut dengan koromophore, yang dapat menyerap dan memantulkan cahaya dengan panjang gelombang tertentu sehingga menghasilkan warna yang kita lihat pada syur-sayuran.

Kimia Dapat Menjelaskan Cara Kerja Sabun dalam Membersihkan Kotoran di Tubuh Kita
Sabun terbuat dari suatu molekul yang memiliki “kepala” yang bersifat hidrofili {suka air, karena ia polar} dan “ekor” yang panjang yang bersifat hidrofobik {benci air karena bersifat non polar}.

Ketika sabun di usapkan ke tubuh, bagian non polar dari molekul sabun akan berikatan dengan kotoran {minyak} dan bagian polarnya akan berikatan dengan air sehingga terbentuklah emulsi.

Ketika kita menyiram tubuh dengan air, emusli tersebut akan terbawa sehingga tubuh menjadi bersih.

Kimia Dapat Menjelaskan Kenapa Mengiris Bawang Dapat Membuat Kamu Menangis
Ketika kita mengiris bawang, sel-sel bawang akan pecah dan mengeluarkan isinya. Salah satunya adalah asam amino sulfoksida. Senyawa ini kemudian akan berubah menjadi asam sulfenik.
Mengiris bawang bisa membuat mata kita berair
Enzim yang semula berada terpisah dengan asam sulfenik kemudian bercampur saat kita mengiris bawang. Akibatnya, enzim akan mengubah asam sulfenik menjadi propanetiol S-oksida, suatu senyawa volatile {mudah menguap} yang kemudian bercampur dengan udara dan sampi ke mata.

Gas senyawa propanetiol S-oksida akan bereaksi dengan air di mata membentuk asam sulfat. Asam sulfat inilah yang membuat mata terasa perih dan akhirnya berair sehingga terlihat seperti kamu sednag menangis.

Nah, masih banyak lagi peranan ilmu kimia yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, namun tentu tidak bisa dituliskan secara lengkap dalam postingan ini. Fenomena-fenomena diatas merupakan sebagian kecil dari peranan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Walaupun sedikit, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sudah berkunjung ke blog ini.

Silahkan Lanjut Ke Materi Selanjutnya:
0 Komentar untuk "Peranan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Back To Top